New Media


Diajukan untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah New Media

Jika anda diperintahkan untuk membuat suatu new media, apa yang akan anda buat?
Nah... Sebagai mahasiswa teknik informatika, selama kuliah untuk menunjang wawasan seorang programmer, maka mahasiswa diwajibkan untuk bisa membuat suatu aplikasi-aplikasi. Walaupun masih sederhana si... Tapi, setidaknya anak TI harus punya tujuan, buat apa nih program dibuat? Kayak apa nih programnya?
Saat ini si sayaaa... gimana yaaa... saya punya usaha. Masih kecil si. Belum gede-gede banget. Baru punya 1 toko. Belum punya cabang. Tapi diusahakan lha, resolusi tahun 2019, buka cabang.😂
Saya punya usaha Laundry yang dijalan kan oleh keluarga sendiri. Toko sama tempat nyuci laundryan beda. Setiap baju yang dateng di toko dibawa kerumah buat di cuci dan bila laundry telah selesai, laundry dibawa ke toko lagi. Intinya si punya toko cuman buat nerima laundryan. Yang jaga toko ada 3, saya, adik laki-laki saya dan ayah saya. Cara kerjanya bergilir, siapa yang punya waktu senggang bagian jaga toko. Sekarang punya 4 pegawai. Ditambah mama jadi 5. 😂
Punya laundry itu susah, nyucinya gampang. Cuman... kalo ngederin omongan dari pelanggan suka nyebelin, mereka curigaan mulu. Alesannya pengalaman ngelaundry di tempat lain sebelum ngelaundry di toko saya. Dari baju yang kurang rapi, masih ada noda nya, kerah yang ga di setrika , ada baju kebawa, ada baju ketuker, ini si okelah bisa dimaklumi mungkin emang ada kesalahan dalam pengerjaan. Cuman... kalau bilang baju saya hilang, eh besok nya bilang, baju saya yang ilang ketemu, nyelip di bawah kursi. Nah salah siapa dah tuh? Kursi dimana laundry dimana ye kan? Ada lagi yang bilang baju nya ilang, tapi dari 4 pegawai ga ada yang ngaku pernah nyuci. Trus hilang dimana dah itu baju??
Laundry ada nyuci misal punya 2 orang masing-masing 2 kg sama 4 kg. Trus di cuci bareng, nah ini mungkin ada kesalahan ketuker beneran kebawa trus pegawainya ga peduli. Kalau di saya ngelaundry di pisah nyucinya, ada 3 mesin cuci, 1 mesin kepake buat nyuci 1 nama. Mau satu nama itu cuman 1 kg kek 4 kg kek pokoknya 1 nama 1 mesin. Nah orang kadang ga percaya karna pengalaman buruk mereka. Jadi ada aja pelanggan yang bawel setengah maut.
Dari pengalaman ini?! Saya sebagai penenus usaha 😂
Terinspirasi buat memajukan teknologi pelayanan,  berhubungan pertanyaanya “Jika anda diperintahkan untuk membuat suatu new media, apa yang akan anda buat?” selama ini saya buat program-program berhubungan dengan laundry, misal database, bikin database pelanggan tetap. Program kalkulator sederhana, bikin program kayak mini market gitu. Program akuntansi, bikin pembukuan kegiatan usaha laundry.
Sehubungan pertanyaannya berhubungan (?) dengan new media.  Maka new media yang akan saya buat adalah “MY Laundry”(?) “OnLaund(Online Laundry)”(?) yaaa intinya si tentang menunjang aktifitas bisnis ini.
Cara kerja nya>>  saya mau buat web atau aplikasi lha ya. Tentang pemesana laundry.
Misal, mau ngelaundry tapi males ke tokonya, bisa chat, sms, telepon atau pesan melalui app, buat antar jemput laundry. Ini si udah biasa ya? 😂sekarang aja laundry saya udh begitu cara kerjanya, walaupun buakan via app tapi via WA. 😂
Nah hal yang baru yang mau saya buat adalah Pemesanan pegawainya. Maksudnya gimana?
Jadi buat pelanggan yang takut bajunya hilang, ketuker, males ke laundryan, apa gimana. Pelanggan bisa pesan pegawainya atau tenaga kerjanya untuk datang kerumah buat nyuci baju.
Contoh. Saya tinggal di  jagakarsa, saya seorang programmer yang lagi di kejar deadline, ga sempat nyuci baju, ga ada waktu luang juga buat nyuci, kalo ke laundry takut baju saya rusak. Maka dari itu saya memsan tenaga kerja untuk nyuciin baju saya. Saya pesan via app kasih alamat rumah dan kemudian janjian kapan pegawai bisa datang, setelah menentukan waktunya maka pegawai akan datang ke rumah.
Trus kan ngejemur butuh waktu, baju nya ga disetrikain dong? Jadi, pegawai akan datang 2x. Misal di pagi hari pegawai akan nyuci dirumah saya, setelah cucian saya sudah selesai, maka pegawai akan pindah nyuci ditempat lain. Saat cucian kering, entah sore atau besok pagi nya pagawai akan nyetrika baju pelanggan. Sedikit repot si ya 😂 kalo pelanggannya rumah nya jauh jauh gimana? Mangkannya enak nya tuh kalo di app ginian ngajak temen berlangganan jadi bisa gantian 😂
Yaaaaa... gtu deh gambaran new media keingin saya...
Karna ini tugas akhir, cukup sekian dari saya, mohon maaf atas segala kesalan curhatan dan lain-lain, saya ucapkan terimakasih...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengantar Teknologi Game

Model EERD

Model EERD