Pengantar Teknologi Game "Instalasi Lua dan Lua-SDL"
Lua
Lua ditulis
pertama kali oleh Roberto Ierusalimschy, Luiz Henrique de Figueiredo, dan
Waldemar Celes yang merupakan anggota Computer Graphics Technology Group (Tecgraf) pada universitas Pontifical Catholic, Rio de Janeiro, Brasil pada tahun 1993.
Secara umum Lua
digambarkan sebagai bahasa pemrograman multi paradigma yang menyediakan
seperangkat kecil atas fitur-fitur umum yang dapat dikembangkan lebih lanjut
untuk memenuhi ragam kebutuhan yang berbeda-beda, karenanya Lua tidak
menyediakan fitur yang lengkap dan kompleks yang hanya berfokus pada satu
paradigma pemrograman. Sebagai contoh, Lua tidak secara eksplisit mendukung inheritance yang
merupakan kemampuan untuk menurunkan sifat sebuah objek dalam konsepsi pemrograman berorientasi objek namun Lua menyediakan fasilitas metatable yang
memungkinkan hal tersebut diimplementasikan relatif cukup mudah.
Kelebihan Lua :
1. Extensibility Extensibility Lua
menarik perhatian sehingga banyak orang menganggap Lua bukan sebagai suatu
bahasa, tetapi sebagai suatu perangkat untuk membangun bahasa-bahasa domain
spesifik. Lua telah dirancang untuk diperluas, pada kode Lua dan kode eksternal
C. Lua menerapkan banyak kemampuan dasarnya melalui fungsi-fungsi eksternal.
Hal ini sangat mudah untuk menghubungkan Lua dengan bahasa-bahasa lain, seperti
Fortran, Java, Smalltalk, Ada, bahkan dengan bahasa bahasa penulisan yang lain.
2. Simplicity Sederhana Lua adalah
bahasa yang mudah dan sederhana. Lua mempunyai sedikit konsep. Kesederhanaan
ini membuat Lua mudah dipelajari dan memperbesar suatu implementasi yang
sederhana. Distribusinya yang lengkap source program, manual, biner-biner lebih
untuk beberapa platform sesuai dengan floopy disk.
3. Efisiensi Lua mempunyai implementasi
yang efisien. Benchmark yang mandiri menunjukkan Lua sebagai bahasa tercepat
dalam dunia bahasa penulisan.
4. Portabilitas Lua dapat dijalankan di
semua platform seperti: Android, NextStep, OS2, PlayStation II Sony, Mac OS-9
dan OS X, BeOS, MS-DOS, IBM, EPOC, PalmOS, MCF5206ELITE Evaluation Board, RISC
OS, dan semua jenis Unix dan Windows. Source program untuk masing-masing
platform hampir sama. Lua tidak menggunakan kumpulan kondisi untuk menyesuaikan
kodenya kepada mesin-mesin yang berbeda sebagai gantinya.
Lua-SDL
Merupakan odul
biner Lua, untuk mengakses SDL dari skrip Lua. SDL adalah singkatan dari “Simple
Direct Media Layer” dan merupakan APU multimaedia lintas-platform yang
komprehensif, sumber terbuka dan dapat digunakan untuk membuat game berkualitas
profesional.
Keunggukan Lua-SDL2 :
1. Lua-SDL2 adalah pengikatan portabel
SDL2, ditulis dalam C murni untuk efisiensi. Ia mencoba untuk tetap sedekat
mungkin dengan SDL, bertindak sebagai penjilidan sederhana daripada mencoba
mendesain ulang interaksi antara programmer dan SDL.
2. Lua-SDL2 mengambil keuntungan penuh
dari kemampuan berorientasi objek Lua sedapat mungkin, memungkinkan programmer
untuk sepenuhnya memanfaatkan desain berorientasi objek bawaan SDL.
3. Lua-SDL2 dirancang agar kompatibel
mungkin. Perpustakaan memiliki dukungan untuk semua fitur SDL2 terbaru,
sementara masih mengkompilasi dengan SDL 2.0.1.
4. Jika perpustakaan dikompilasi dengan
rilis titik yang lebih baru dari SDL dari apa yang tercantum di sini,
perpustakaan harus tetap berfungsi, hanya tanpa akses ke fitur yang lebih baru.
Lua-SDL2 kompatibel dengan:
·
SDL 2.0.1 and greater
Cara Install Lua
Saya download disini https://github.com/rjpcomputing/luaforwindows/releases
Buka file yang sudah di download
Kemudian pilih I accept the
agreement >> next
Pilih lokasi penyimpanan atau next
saja
Kemudian next
Bisa pilih salah 1. Ceklist additional
shortcuts untuk pintasan atau additional schemes untuk menggunakan tema
highlight latar belakang sintaks hitam untuk editor skrip. Disini saya ceklist
keduanya.
Tunggu proses install
Kemudian finish.
Berikut ini yang akan terinstall
Buka Lua (Command Line)
Contoh simple nya dengan
mengetikan
Print
“hello cha :)” kemudian
enter. Langsung ada outputnya
Contoh 2
a=0
Repeat
a=a+1
Print
(a)
Until
a==12
Maka outputnya
Jika pada SciTE
akan penampilannya lebih lengkap, terdapat menubar.
untuk memulai Lua maka tools >> Start Interactive Lua
kemudian akan mampilkanuntuk memulai Lua maka tools >> Start Interactive Lua
Lua sudah bisa digunakan.
Komentar
Posting Komentar